Penerimaan Mahasiswa Baru UII Jogja Jalur PSB

Penerimaan Mahasiswa Baru UII Jogja Jalur PSB
Pada tahun ini UII (Universitas Islam Indonesia) Yogyakarta membuka peluang untuk menjadi mahasiswa dengan beberapa jalur pendaftaran, yaitu:
  1. Computer Based Test (CBT)
  2. Paper Based Test (PBT)
  3. Penerimaan Siswa Berprestasi (PSB)
Namun pada kesempatan kali ini Ruang Kampus akan mengulas tentang jalur penerimaan mahasiswa baru UII Jogja jalur PSB (Penerimaan Siswa Berprestasi). Jadi bagi kalian yang merasa memiliki prestasi akademik dan non akademik yang cukup membanggakan bisa mengikuti kalur PSB UII Jogja. Berikut ini detail informasinya.

PSB adalah pola penerimaan calon mahasiswa melalui seleksi prestasi Bidang Akademik dan Minat Bakat. Semua program studi menerima jalur PSB dengan pengaturan kuota dan seleksi yang ditentukan oleh Fakultas. Jalur PSB ini terdiri dari tiga kategori, yaitu Siswa Berprestasi Bidang Akademik, Siswa Berprestasi Bidang Olah Raga dan Seni serta Bibit Unggul Tidak Mampu.

Siswa Berprestasi Bidang Akademik
Kategori ini ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang tinggi atau sebagai pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional (seperti olimpiade sain, lomba karya ilmiah remaja).

Syarat Pendaftaran
Dokumen yang dipersyaratkan adalah :
  1. Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 7 (tujuh) pada semester ke-3 dan 4 (bila pendaftaran dilakukan sampai bulan Januari) atau semester 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan setelah bulan Januari), khusus calon mahasiswa yang memilih Prodi Pendidikan Dokter, Akuntansi dan Farmasi disyaratkan nilai rata-rata minimal 8 (delapan);
  2. Surat Keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  3. Menyerahkan pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
  4. Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00 (seratus ribu rupiah);
  5. Apabila memiliki fotokopi sertifikat pemenang kompetisi bidang ilmu pengetahuan tingkat provinsi, nasional atau internasional selama berada pada jenjang Sekolah Menengah Atas atau sederajatnya yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah.
  6. Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada awal tahun ke-2, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS;
  7. Khusus Pendaftar di Prodi Pendidikan Dokter, wajib menyerahkan : (1) fotokopi rapor semeter 2, 3, dan 4 atau 3, 4, dan 5; (2) fotokopi sertifikat pemenang dalam kompetisi bidang ilmu pengetahuan (bidang akademik) pada tingkat nasional yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan, atau hafal Al-Quran minimal 15 Juz (dibuktikan dengan sertifikat dari Lembaga Pendidikan Tilawatil Qur'an/LPTQ).
Siswa Berprestasi Bidang Olahraga dan Seni
Kategori ini ditujukan bagi siswa yang mempunyai bakat dan prestasi dalam bidang olah raga dan seni di tingkat internasional, nasional dan atau regional/provinsi.

Syarat PendaftaranDokumen yang dipersyaratkan adalah:
  1. Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 6,5 (enam koma lima) pada semester 3 dan 4 (bila pendaftaran dilakukan sampai bulan Januari) atau semester 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan setelah bulan Januari),
  2. Fotokopi sertifikat pemenang dalam kompetisi bidang ilmu olah raga atau seni yang dilegalisir oleh Dinas Pendidikan;
  3. Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  4. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3x4 cm sebanyak 2 (dua) lembar;
  5. Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah);
  6. Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada tahun pertama kuliah, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS.
  7. Khusus Pendaftar di Prodi Pendidikan Dokter, nilai minimum rata-rata rapor disyaratkan 8 (delapan) pada semester 2, 3 dan 4 atau 3, 4, dan 5 dan memiliki prestasi olah raga atau senin pada tingkat nasional.
Siswa Bibit Unggul Tidak Mampu
Ditujukan bagi siswa dengan kemampuan akademik yang sangat tinggi dan tidak mampu secara ekonomi. Khusus kategori ini, siswa yang dinyatakan diterima diberikan beasiswa berupa dibebaskan biaya studi yang meliputi SPP (maksimal 8 semester) dan sumbangan dana Catur Dharma. Siswa dikenai evaluasi prestasi setiap semester, dan beasiswa ini dapat dicabut bila siswa tidak menunjukkan prestasi yang disyaratkan sebagai penerima beasiswa.

Syarat Pendaftaran
Dokumen yang dipersyaratkan adalah:
  1. Fotokopi rapor yang dilegalisir oleh pihak sekolah dengan syarat nilai rata-rata minimal 8,5 (delapan koma lima) pada semester ke-1, 2, 3 dan 4 (bila pendaftaran dilakukan sampai bulan Januari) atau semester 1, 2, 3, 4 dan 5 (bila pendaftaran dilakukan setelah bulan Januari),
  2. Surat Keterangan Kepala Sekolah yang menyatakan bahwa siswa yang bersangkutan masuk ranking sekolah 10 (sepuluh) besar pada semester ke-1, 2, 3 dan 4 atau semester ke-1, 2, 3, 4 dan 5;
  3. Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah;
  4. Menyerahkan pas foto terbaru ukuran 3 x 4 sebanyak 1 (satu) lembar;
  5. Surat keterangan tidak mampu dari Kecamatan dan menyertakan fotokopi Kartu Keluarga Miskin (Gakin) yang dilegalisir oleh Camat. Bila diperlukan, UII akan melakukan pemeriksaan secara langsung.
  6. Khusus Pendaftar di International Program harus melampirkan hasil uji kecakapan berbahasa Inggris yang berupa TOEFL®ITP, IELTS atau CEPT (dari CILACS UII atau IP-UII) dengan skor minimal 450 untuk TOEFL, 454 untuk CEPT dan 4 untuk IELTS. Pada tahun pertama kuliah, mahasiswa International Program disyaratkan untuk mencapai 500 untuk TOEFL, 510 untuk CEPT dan 5 untuk IELTS.
  7. Menyertakan bukti biaya pendaftaran sebesar Rp. 100.000,00 (seratus ribu rupiah)
Periode Pendaftaran dan Penerimaan Dokumen Evaluasi
Pengumuman Hasil Ujian
Seleksi Tahap II* Pengumuman Seleksi Tahap II* Registrasi Akhir
PSB-I 1-10 Januari 14 Januari 16 Januari 17-18 Januari 22 Januari 13-21 Maret
PSB-II 11 Jan - 14 Februari 18 Februari 20 Februari 21-22 Februari 26 Februari 13-21 Maret
PSB-III 15 Feb - 7 Maret 11 Maret 13 Maret 14-15 Maret 19 Maret 13-21 Maret
PSB-IV 8 Mar - 4 April 8 April 10 April 16-17 Mei 21 Mei 20-27 Mei
PSB-V 5 April - 9 Mei 13 Mei 15 Mei 16-17 Mei 21 Mei 20-27 Mei
PSB-VI 10 Mei - 6 Juni 10 Juni 12 Juni 13-14 Juni 18 Juni 17-24 Juni
PSB-VII 7 Juni - 11 Juli 15 Juli 17 Juli 18-19 Juli 23 Juli 21-27 Agustus
PSB-VIII** 12 Juli - 15 Agustus 20 Agustus 22 Agustus - - 21-27 Agustus
** Tidak Dibuka untuk pendaftaran Prodi Pendidikan Dokter

Prosedur Pendaftaran PSB UII Yogyakarta
Pembelian formulir PSB secara individu calon mahasiswa atau kolektif oleh pihak Sekolah melalui prosedur sebagai berikut:
  1. Melakukan pembayaran melalui transfer ke Bank Mandiri Cabang Sudirman Yogyakarta, Nomor rekening UII Jogja 137-0002150890.
  2. Setelah melakukan transfer, bukti transfer disan dan dikirimkan melalui email ke panitia PMB : ppmb@uii.ac.id
  3. Panitia PMB akan mengirimkan nomor UPCM melalui balasan email. Nomor tersebut digunakan untuk melakukan key in di website psb.uii.ac.id
  4. Melalui pembayaran langsung:
  5. Melakukan pembayaran langsung ke panitia PMB pada beberapa bank yang ada di gedung Rektorat UII
  6. Pendaftar mendapatkan nomor UPCM yang digunakan untuk melakukan key in di website psb.uii.ac.id
Proses Key in:
1. Login di website psb.uii.ac.id dengan nomor UPCM dan nomor SLIP yang diterima/dimiliki (Satu nomor UPCM hanya dapat digunakan seorang pendaftar dan login hanya dapat dilakukan sesuai dengan periode pendaftaran). Gunakan browser Google Chrome atau Mozilla Firefox agar aplikasi berjalan normal.

2. Pengisian data diri dan dokumen pendukung yang diperlukan sesuai dengan kategori PSB yang dipilih (prestasi bidang akademik, prestasi bidang olah raga dan seni, siswa bibit unggul tidak mampu).

3. Pendaftar mengunggah file dokumen pendukung yang telah discan, misalnya rapor, foto, kwitansi pembayaran,  surat keterangan kelakuan baik, dan sertifikat pendukung.
Agar ukuran file kecil dan mudah dikirim ikuti langkah dibawah ini :
Rekomendasi setting scan dokumen untuk di upload via website http://psb.uii.ac.id
a. Setting scan dengan rekomendasi :
- Resolusi: 150 dpi
- Pilihan warna: Black and White / Hitam dan Putih / Grayscale
- Tipe dokumen: Document/text
- Ukuran dokumen: A4

b. Simpan hasil scan dokumen menjadi file .PDF, kecuali foto dapat disimpan sebagai file .JPEG
c. Khusus untuk dokumen yang terdiri dari beberapa halaman misalkan raport, jadikan 1 (satu) file (multiple pages )
d. Maximum ukuran setiap file yang diupload adalah 2Mb

4. Sebelum di-simpan, pendaftar dapat memperbaiki atau melakukan perubahan pengisian.
5. Setelah menyatakan selesai, pendaftar mengklik menu simpan yang tersedia di sistem. Setelah proses ini, data tidak dapat diubah lagi.
6. Mencetak hasil isian key in (kartu pendaftaran). Satu lembar untuk pendaftar dan satu lembar dikirimkan ke  panitia PMB bersamaan dokumen yang diunggah.
7. Mengirimkan atau menyerahkan hasil isian key in (kartu pendaftaran), fotokopi rapor, foto, kwitansi pembayaran, surat keterangan kelakuan baik dan sertifikat pendukung ke PPMB atau Fakultas yang menjadi pilihan pertama.

Penerimaan Mahasiswa Baru UII Jogja Jalur PSB
Untuk Panduan Pembayaran Via ATM, silahkan klik Panduan Pembayaran Via ATM.pdf

Perhatian
  1. Nomor UPCM dan Nomor SLIP yang dibeli pada durasi waktu periode PSB tertentu, hanya dapat digunakanuntuk key in pada periode PSB yang sama.
  2. Perhatikan jadwal pendaftaran ketika membayarkan biaya pendaftaran PSB, karena Nomor UPCM dan Nomor SLIP untuk login di website http://psb.uii.ac.id tidak dapat digunakan lagi pada periode PSB yang berbeda.
Demikian informasi terkait tentang Penerimaan Mahasiswa baru UII Yogyakarta Jalur PSB ikuti terus update terbaru tentang dunia kampus hanya di Ruang-Kampus.Blogspot.Com atau bisa ikuti updatenya via facebook dengan klik suka pada fanspage kami di sebelah kanan.
Tag : Kabar Kampus
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Penerimaan Mahasiswa Baru UII Jogja Jalur PSB"

Back To Top