Cara Menentukan Sumber Sekunder Penelitian

Cara Menentukan Sumber Sekunder Penelitian
Cara Menentukan Sumber Sekunder Penelitian - Yang sedang mengerjakan tugas akhir seperti skripsi, disertasi dan tugas-tugas yang berkaitan erat dengan penelitian, pasti tidak asing dengan yang namanya data. Nah, data tersebut erat kaitannya dengan bagaimana mendapatkan sumber data yang sifatnya sumber sekunder.

Berikut Ruang Kampus akan sedikit memaparkan Cara Menentukan Sumber Sekunder Penelitian

Sumber Sekunder yaitu sumber dari bahan bacaan yang terdiri atas surat-surat pribadi, buku harian, notula rapat perkumpulan, dokumen-dokumen lainnya, data ini harus dikumpulkan dan disusun sesuai dengan kebutuhan penelitian.

Sedangkan menurut jenisnya sumber sekunder dibagi menjadi 2 bagian, yaitu sumber sekunder pribadi dan Sumber sekunder umum.

Sumber sekunder pribadi agaknya sulit didapat kecuali memiliki kedekatan atas sumber yang ingin diketahui. Sumber ini dapat mengungkap pengalaman orang serta perkembangan perilakunya atas pengaruh lingkungan sosial budaya. Dapat dicontohkan berupa surat-surat pribadi, buku harian, catatan biografi, arsip perusahaan dan lain sebagainya.

Sedangkan sumber sekunder umum sangat mudah didapatkan, karena data ini disimpan dalam arsip bersifat umum dan dapat diketahui oleh banyak orang. Namun kadang permasalah yang muncul ketika mencari data ini adalah kurang lengkapnya data yang dibutuhkan karena terjadi perubahan terus menerus. Data ini dapat dicontohkan misalnya berupa informasi dari Biro Pusat Statistik (BPS), majalah, buletin, buku teks, publikasi perusahaan, hasil penelitian, dan lain sebagainya.

Sumber ini nantinya sangat penting karena menjadi sumber referensi dari hasil penelitian yang telah disusun, selain itu ada beberapa manfaat dari adanya sumber-sumber tersebut, diantaranya
1. Untuk mengetahui apakah topik penelitian kita telah diselidiki orang lain sebelumnya, sehingga tidak terjadi duplikasi.
2. Untuk mengetahui hasil penelitian orang lain dalam bidang penyelidikan kita
3. Untuk memperoleh bahan yang mempertajam orientasi dan dasar teoritis penelitian kita
4. Untuk memperoleh informasi tentang teknik-teknik penelitian yang telah diterapkan

Sekian artikel tentang Cara Menentukan Sumber Sekunder Penelitian selain itu untuk yang sedang mengerjakan tugas peneliatian, tugas akhir, skripsi ataupun tesis, perlu kiranya mengetahui tentang cara menulis kutipan, pada artikel sebelumnya telah Ruang Kampus bahas pada artikel Menulis Kutipan Yang Baik dan Benar. Bagi anda yang sedang mengerjakan skripsi atau tugas akhir semoga cepat selesai dengan hasil yang maksimal.
Tag : Penulisan
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "Cara Menentukan Sumber Sekunder Penelitian"

Back To Top