UGM Arti Lambangnya (Universitas Gadjah Mada)

UGM Arti Lambangnya (Universitas Gadjah Mada)
UGM Arti Lambangnya (Universitas Gajah Mada)-Terbaru Prof. Dr. Ir. Mochammad Adnan ketika menjabat Rektor UGM, pada tanggal 31 Oktober 1993, meminta kepada seluruh sivitas akademika UGM agar melakukan pembetulan terhadap pembentukan Arti Lambang UGM (Unuversitas Gadjah Mada), mulai dari kop surat UGM, kalender UGM, buku panduan UGM, sampul buku dan vandel UGM serta semua fasilitas umum pada UGM.

Prof. Adnan juga pernah mengingatkan sering kali terdapat kekeliruan dalam pembuatan lambang atau logo UGM, terutama pembuatan kesatuan kumpulan sinar surya yang seharusnya setiap kesatuan berjumlah 19 sorot sinar / Arti Lambang UGM (sebagai lambang angka kelahiran UGM), sering dibuat kurang dari 19.

Prof. Adnan bertanya mengapa kesalahan ini perlu diperbaiki Jawabnya, karena lambang adalah simbol dari identitas diri UGM. Ia juga sebuah "Trade Mark UGM". Ia dibuat berdasarkan keinginan luhur dan karena itu mengandung arti yang mendalam.Tidak berlebihan kiranya bila lambang UGM memiliki makna yang sangat mulia.

Lambang Universitas Gadjah Mada Apa artinya?, perlu dikenali lebih dulu bentuk lambang UGM. Bentuk lambang UGM bisa dibagi menjadi tiga, yaitu:

- Yang pertama pusat lambang. Ia berupa surya atau matahari yang berlubang dan memancarkan sinar dalam bentuk lima kesatuan kumpulan    sinar. Setiap   kesatuan kumpulan sinar terdiri dari sembilan belas sorot sinar. Warna surya dan sinar, kuning emas; Dua lingkaran    di tengah-tengah matahari. Lingkaran bagian dalam memuat huruf-huruf menyembul berbunyi GADJAH MADA.

- Yang Kedua Lingkaran bagian luar memuat tulisan UNIVERSITAS pada bagian atasnya dan tulisan JOGJAKARTA pada bagian bawahnya. Kedua    bentuk lingkaran ini bersusun, sehingga mirip surya kembar. Sedangkan lima kesatuan kumpulan sinar surya berbentuk Kartika atau       Bintang Segi lima;

Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Yogyakarta 2015


- Yang ketiga Lima songkok. Pada lambang dilindungi oleh lima songkok bewarna putih, yaitu topi kebesaran panglima. Di antara         songkok-songkok tersebut terdapat lima tombak bewarna kuning. Lambang tersebut di atas, yang ditetapkan oleh Senat UGM dalam rapat    Senat UGM tahun 1950, disusun oleh Sekretaris Senat UGM dan digambar oleh Katamsi.

- Yang ke empat Lambang ini diujudkan antara lain pada: Pakaian Jabatan Guru Besar UGM dalam bentuk topi bersegi lima, di mana setiap   seginya berbentuk songkok. Tepi balik toga berbentuk lima songkok pula. Sedangkan bagian punggung, leher, dada dan lengan terbuat     dari beledru berwarna hitam, dengan lambang lima songkok pada leher dan lengan Duaja Universitas, yaitu di atas alas berwarna   kuning emas dan putih, dan Tongkat pedel, yaitu di bagian ujung dan bersisi dua.

Arti dari lambang UGM tersebut di atas bisa diuraikan dalam enam bagian, yaitu: Surya dengan sinarnya dan kartika bersegi lima berwarna kuning emas melambangkan bahwa Universitas Gadjah Mada adalah Universitas Pancasila, Lembaga Nasional Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan bagi Pendidikan Tinggi berdasarkan Pancasila, yang memancarkan ilmu pengetahuan. kenyataan dan kebajikan.

Pada UGM Pascasarjana juga sudah dipersiapkan untuk membantu para sarjana yang sudah lulus dan ingin melanjutkan belajar di perguruan tinggi ini. UGM berbeda dengan Undip, UNY, atau UNPAD, unus, bahkan Unair. Sehingga dengan cirikhas yang dimiliki Universitas Gadjah Mada ini ini menjadikan para sarjana dari UGM ini menjadi lebih mampu berkompetensi dalam persaingan di dunia kerja yang semakin ketat

Info Program Mahasiswa Wirausaha (PMW) Dikti


Wah keasyian membahas UGM nih, padahal ini pembahasan lambang belum selesai. kita lanjut saja sahabatku semua mengenai arti lambang ugm.

Titik pusat lambang berupa matahari berlubang atau "surya binolong". Kata "surya" mengandung makna angka "satu" dan "binolong" mengandung makna angka "sembilan", sehingga bentuk "surya binolong" atau matahari berlubang mengandung makna "satu" dan "sembilan", yang bisa dibaca 19.

Setiap kesatuan kumpulan sinar pun terdiri atas sembilan belas sorot sinar, yang juga mengandung makna angka 19, tanggal pendirian UGM. Dua bentuk lingkaran bersusun yang melingkari lubang titik pusat lambang di dalam lima kesatuan kumpulan sinar surya berbentuk bintang segi lima, yang serupa dengan surya kembar di dalam Kartika atau Bintang.

Kartika mengandung makna "satu" dan surya kembar mengandung makna "dua", sehingga bentuk surya kembar ini mengandung makna angka satu dan "dua", yang bisa dibaca 12. Angka 12 ini adalah nomor bulan Desember, bulan pendirian UGM. Songkok dan Tombak masing-masing berjumlah lima melingkungi Surya dan Kartika, melambangkan sifat pahlawan dan perjilangan nasional UGM yang selalu siap sedia dan waspada.

Jadwal Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas BINUS Area Luar Jakarta


Semuanya diliputi dan diresapi Pancasila, kesemuanya itu melambangkan sifat Universitas Gadjah Mada sebagai monumen perjuangan Pancasila berdasarkan Pancasila. Kesatuan kumpulan Sinar, Segi Kartika, Songkok, dan Tombak, masing-masing berjumlah 5 (lima). Melambangkan Pancasila, sehingga UGM memiliki dasar, sifat, serta tujuan seperti Pancasila. Hakekat pahlawan serta perjuangan nasional demi memperjuangkan Pancasila.

Warna putih melambangkan Kesucian. Warna kuning emas melingkari warna putih pada hakekatnya merupakan satu "sengkalan memet", yaitu rumusan kata-kata yang menyiratkan pertalian makna warna putih dan warna kuning emas, yang berbunyi: murnining suci margin kanyatan atau kemurnian kesucian adalah j alan kenyataan. Katimat ini melambangkan angka tahun 1949, yaitu tahun pendirian UGM. Kata "Murni" mengandung angka 9; "Suci"dilambangkan angka 4; " Marga" dilambangkan angka 9, sedangkan "kenyataan" dilambangkan angka 1. Semua ini,bila dibaca dari belakang, mempunyai nilai 1949.

Penerimaan Mahasiswa Baru UGM Yogyakarta 2015


Penjabaran diatas memang belum tentu disetujui oleh semua pihak ataupun kalangan, pada prinsipnya manusia mempunyai pola pikir yang berbeda, serta cara pandang dan mengartikan sebuah lambang itu sendiri. Karena Republik Indonesia terdiri dari berbeda-beda suku bangsa tetapi tetap satu jua,(Bhineka Tunggal Ika)

Oke sahabat pemirsa semua demikian artikel sejarah ugm, atau yang mau info pendaftaran ugm 2015, untuk lebih jelasnya soat semua saya perilahkan untuk mengunjungi langsung website Universitas Gadjah Mada

Tag : Kabar Kampus
Komentar Facebook
0 Komentar untuk "UGM Arti Lambangnya (Universitas Gadjah Mada)"

Back To Top